Apa pengertian musik klasik ?

Seperti apa komposisinya?

Aliran musik ini sering disalah artikan oleh sebagian orang yang tergolong awam. Mereka mengartikan musik klasik identik dengan orkestra dengan berbagai macam alat musik akustik. Dalam pengertian aslinya, musik klasik adalah musik yang lahir dari budaya Eropa sekitar tahun 1750-1825. Pengertian lain dari musik ini adalah musik dengan keindahan intelektual yang tinggi dari semua jaman. Keindahan intelektual adalah keindahan yang berasal dari tingkat kesulitan permainan musik yang tinggi. Artinya, musik klasik memiliki tingkat kesulitan tinggi dari segi harmoni, melodi, atau aspek komposisi musiknya.

Musisi yang berani memainkan musik klasik adalah orang yang sudah mahir atau ahli memainkan alat musik tersebut. Selain itu, musik klasik identik juga dengan notasi balok. Setiap lagu klasik ditulis menggunakan notasi balok yang panjang. Hal ini terkesan sangat menyulitkan bagi orang awam. Musik klasik juga menuntut setiap musisinya, baik itu pemain musiknya maupun penyanyinya untuk menggunakan teknik yang benar. Sebagai contoh, untuk menyanyikan lagu-lagu klasik atau seriosa, penyanyi harus menguasai terlebih dahulu semua teknik vokal. Hal ini disebabkan oleh tingkat kesulitan lagu seriosa yang tinggi. Demikian juga dengan alat musik. Untuk memainkan musik klasik, pemainnya harus menguasai teknik bermain yang benar.

Yang tergolong musik klasik adalah lagu atau simfoni, atau instrumentalia yang diciptakan oleh para musisi pada zaman klasik yaitu pada tahun 1750-1825. Misalnya ‘Piano Concerto in B, Major’ karya Ludwig Louis Van Beethoven (1795). Begitu pula karya simfono, serenada, minuet dan lain-lain. Walaupun karya-karya klasik tersebut dibawakan oleh orkestra, band, atau kelompok musik tertentu, asalkan dapat memainkan karya musik klasik sesuai dengan teksnya, berarti kelompok musik tersebut membawakan lagu klasik. Dari keterangan tersebut dapat kita simpulkan bahwa belum tentu sebuah pertunjukan orkestra membawakan musik klasik. Bisa saja mereka membawakan lagu jazz, pop, ataupun jenis musik lainnya.

Tags: simfonia